Pengertian atau Perbedaan Visi dan Misi Beserta Contoh

Setiap perusahaan atau organisasi pasti memiliki visi dan misi, kita juga sering menemuinya diberbagai tempat, namun mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui pengertian atau perbedaan dari kedua hal tersebut, karena pada dasarnya kedua hal tersebut berbentuk tujuan. Pada artikel ini dibahas mengenai perbedaan atau makna dari visi dan misi beserta contohnya.

Perbedaan antara visi dan misi

Visi merupakan gambaran tujuan di masa depan tentang akan jadi seperti apa organisasi atau lembaga kita. Menentukan visi berarti menentukan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai. Dalam menentukan visi hendaknya memenuhi persyaratan:
  • Tidak berdasarkan kondisi saat ini
  • Berorientasi ke depan
  • Mengekspresikan kreatifitas
  • Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat

Misi adalah apa yang dapat dilakukan untuk mencapai cita-cita atau gambaran masa depan (visi). Misi merupakan langkah-langkah dan strategi yang digunakan untuk mencapai visi.

Kadangkala misi perlu diubah sedemikian rupa apabila visi belum tercapai. Jadi bukan visinya yang dirubah hanya cara-caranya mencapai tujuan yang diubah. Apabila visi berubah-ubah maka akan terkesan tidak konsisten gambaran masa depan tentang organisasi tersebut.

Contoh Visi dan Misi :

1. Perusahaan bandar udara Angkasa Pura II :

Visi Perusahaan
Menjadi pengelola bandar udara kelas dunia yang terkemuka dan profesional. Untuk mewujudkan visi tersebut, Angkasa Pura II bertekad melakukan transformasi secara menyeluruh dan bertahap selama lima tahun pertama

Misi Perusahaan

  1. Mengelola jasa bandar udara kelas dunia dengan mengutamakan tingkat keselamatan, keamanan, dan kenyamanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan
  2. Mengembangkan SDM dan budaya Perusahaan yang berkinerja tinggi dengan menerapkan sistem manajemen kelas dunia
  3. Mengoptimalkan strategi pertumbuhan bisnis secara menguntungkan untuk meningkatkan nilai pemegang saham serta meningkatkan kesejahteraan karyawan dan pemangku kepentingan lainnya
  4. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan mitra usaha dan mitra kerja serta mengembangkan secara sinergis dalam pengelolaan jasa bandar udara
  5. Memberikan nilai tambah yang optimal bagi masyarakat dan lingkungan

2. Perusahaan Garuda Indonesia

Visi Perusahaan 
Menjadi perusahaan penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas kepada masyarakat dunia menggunakan keramahan Indonesia.

Misi Perusahaan
Sebagai perusahan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan memberikan pelayanan yang profesional.


3. Perbankan BRI Indonesia

Visi BRI 
Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.

Misi BRI
  1. Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
  2. Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dan teknologi informasi yang handal dengan melaksanakan manajemen risiko serta praktek Good Corporate Governance (GCG) yang sangat baik.
  3. Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders).

Sumber artikel : Pengertian atau Perbedaan Visi dan Misi Beserta Contoh

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Blog ini. Tinggalkan kritik, saran, dan pertanyaan pada kolom komentar.