Pengertian, Contoh, dan Perbedaan Fakta dan Opini

Definisi Fakta

Fakta adalah suatu peristiwa/hal/keadaan yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya, fakta diperlukan sebagai pembuktian terhadap kebenaran yang disampaikan. Fakta dapat dikenali oleh indra dan juga dapat diukur secara kualitatif.

Ciri-ciri Fakta
  • Dapat dibuktikan kebenarannya
  • Bersifat Objektif
  • Berdasarkan kenyataan yang terjadi

Definisi Opini

Opini adalah pendapat, yaitu merupakan pandangan maupun anggapan seseorang terhadap suatu peristiwa atau permasalahan tertentu. Setiap orang bisa saja mempunyai gagasan atau pengamatan yang sama terhadap sebuah fakta, namun pandangan atau opini seseorang bisa jadi berbeda-beda. Hal ini tergantung dari sudut pandang yang digunakan oleh masing-masing orang.

Ciri-ciri Opini
  • Kurang dapat untuk dibuktikan kebenarannya
  • Bersifat Objektif
  • Berdasarkan perasaan, perkiraan, atau kemungkinan

Contoh Fakta dan Opini

Fakta : Roti terbuat dari adonan tepung dan telur (Merupakan fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya)
Opini : Roti itu enak rasanya (Merupakan pendapat atau opini yang belum bisa dibuktikan kebenarannya)

Perbedaan Fakta dan Opini

Dari pengertian dan contoh fakta dan opini pada penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara fakta dan opini adalah, fakta merupakan suatu peristiwa/ keadaan yang terjadi berdasarkan kenyataan dan dapat dibuktikan kebenarannya, sedangkan opini merupakan suatu gagasan atau pendapat seseorang yang belum dapat dibuktikan kebenarannya karena berdasarkan perkiraan dan perasaan.


Sumber artikel : Pengertian, Contoh, dan Perbedaan Fakta dan Opini

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Blog ini. Tinggalkan kritik, saran, dan pertanyaan pada kolom komentar.