Pengertian dan Perbedaan Haji dan Umroh

Ibadah haji dan umroh adalah ibadah umat Islam yang dilaksanakan di tanah suci Mekkah. Kedua ibadah berikut terkadang masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaannya. Disini kami akan mencoba memberi penjelasan tentang perbedaan antara kedua ibadah ini.

Pengertian Ibadah Haji

Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke lima dalam ajaran Islam, yang mana ibadah tersebut hukumnya wajib dilaksanakan bagi orang yang mampu. Ibadah haji hanya dapat dilaksanakan sekali dalam setahun yaitu pada pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu saat wuquf di Arafah, karena ibadah haji pada hakikatnya adalah wuquf di Arafah. Selain hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun ibadah haji juga memerlukan waktu pelaksanaan yang lebih lama dan juga menggunakan tenaga yang lebih banyak untuk menjalaninya.

Pengertian Ibadah Umrah

Ibadah umrah merupakan ibadah yang hukumnya sunnah atau tidak wajib dilaksanakanan, waktu untuk melaksanakan ibadah umrah tidak terbatas atau dapat dilakukan disetiap hari kecuali jika waktu pelaksanaan haji maka hanya ibadah haji yang bisa berlangsung.


Perbedaan Haji dengan Umrah

Dari pengertian kedua ibadah diatas dapat disimpulkan perbedaan haji dengan umrah yaitu :
  • Ibadah haji hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun, sedangkan ibadah umrah dapat dilakukan setiap hari dalam setahun kecuali hari ibadah haji.
  • Ibadah haji waktu pelaksanaannya lebih lama karena rangkaian ritual ibadah haji lebih banyak memakan waktu dibandingkan dengan ibadah umrah. Orang melakukan ibadah haji paling cepat dilakukan minimal empat hari, sedangkan ibadah umrah biasanya hanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam saja pelaksanaannya, karena secara praktek, kita hanya butuh 3 pekerjaan ringan, yaitu berihram dari miqat, bertawaf tujuh kali putaran di sekeliling Ka’bah, lalu berjalan kaki antara Shafa dan Marwah tujuh kali putaran, dan bercukur lalu selesai.
  • Pelaksanaan ibadah haji lebih memerlukan kekuatan atau fisik yang lebih baik dibandingkan dengan ibadah umrah, karena ibadah haji ritual yang dilakukan lebih banyak dan lebih rumit dibandingkan ibadah umrah.
  • Hukum ibadah haji adalah wajib sedangkan hukum ibadah umrah adalah sunnah.

Sumber artikel : Pengertian dan Perbedaan Haji dan Umroh

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Blog ini. Tinggalkan kritik, saran, dan pertanyaan pada kolom komentar.