Pengertian dan Jenis-jenis Pasar

Pengertian Pasar

Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dengan calon pembeli barang atau jasa. Para penjual dan pembeli akan melakukan transaksi di pasar. Transaksi merupakan kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya transaksi yaitu ada barang yang akan diperjualbelikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak mana pun.
Jenis-jenis pasar dibedakan menurut bentuk kegiatan, cara transaksi, keleluasan distribusi dan menurut jenis barangnya. Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis pasar tersebut.

Jenis-jenis Pasar

Jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatannya

1. Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjualbelikan dapat langsung dibeli oleh pembeli. Contohnya pasar tradisional dan pasar swalayan.

2. Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagang nya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan pembelinya tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.


Jenis Pasar Menurut Cara Transaksi

1. Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.

2. Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang yang diperjualbelikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri. Contoh pasar modern yaitu mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.


Jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya

Beberapa pasar ada yang hanya menjual satu jenis barang tertentu contohnya :
  1. Pasar sayur
  2. Pasar baju atau sandang
  3. Pasar buah
  4. Pasar ikan atau daging
  5. Pasar hewan


Jenis Pasar Menurut Luas Distribusi

Menurut luas distribusi nya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
  1. Pasar Lokal
  2. Pasar Daerah
  3. Pasar Nasional dan
  4. Pasar Internasional

Sumber artikel : Pengertian dan Jenis-jenis Pasar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Blog ini. Tinggalkan kritik, saran, dan pertanyaan pada kolom komentar.