Pengertian dan Perbedaan Puisi Lama dan Puisi Baru

Pengertian Puisi

Puisi adalah karya sastra yang bahasanya terikat oleh irama, mantra, rima, larik, dan bait. Irama adalah alunan yang tercipta oleh kalimat yang berimbang, selingan bangun kalimat, dan juga panjang pendek serta kemerduan bunyi. Mantra adalah panjang, jumlah, dan ketanan suku kata di setiap baris. Rima adalah pengulangan bunyi yang berselang. Larik adalah jumlah baris pada puisi.

Puisi terbagi atas 3 jenis periode yaitu :
  1. Puisi lama
  2. Puisi baru
  3. Puisi modern atau mutakhir

Pengertian Puisi Lama

Puisi lama adalah puisi yang masih terikat oleh syarat-syarat tradisional dan menggunakan pola-pola atau aturan tata bahasa tertentu. Puisi lama terdiri dari pantun, gurindan, syair, mantra, karmina, dan bidal. Puisi lama biasanya tidak diketahui nama pengarang dengan pasti karena bersifat warisan turun temurun.

Pengertian Puisi Baru

Puisi baru adalah puisi yang sudah mendapat pengaruh dari puisi barat. Puisi baru tidak terikat oleh aturan baris, larik, mantra, maupun rima. Puisi baru biasanya diketahui nama penuilsnya. Puisi baru berkisar antara angkatan balai pustaka sampai dengan angkatan tahun 1960-an.

Pengertian Puisi Modern

Puisi modern atau puisi mutakhir adalah puisi yang lebih memprioritaskan atau mengutamakan isi daripada ikatan-ikatan lainnya. Pada puisi modern ini, penyair seperti terbebas dari ikatan-ikatan yang biasanya ada di dalam puisi. Puisi mutakhir dimulai pada tahun 1970-an hingga sekarang.

Perbedaan Antara Puisi Lama dengan Puisi Baru

  • Irama pada puisi lama bersifat tetap, yaitu dua patah kata dalam sekali ucap. Sedangkan pada puisi baru jauh lebih dinamis mengikuti pikiran dan perasaan penulisnya.
  • Bentuk puisi lama masih terikat oleh syarat-syarat tradisional dan aturan tata bahasa, sedangkan puisi baru bentuknya lebih bebas dan tidak terikat pada aturan apapun.
  • Puisi lama biasanya tidak dikenal nama penulisnya sedangkan puisi baru biasanya dikenal.
  • Puisi lama diserbarkan secara lisan dari mulut kemulut sedangkan puisi baru disampaikan secara lisan dan juga tulisan.
  • Puisi lama biasanya berisi nasihat-nasihat, sedangkan puisi baru biasanya berisi curahan hati penulis atau pengarangnya.
Sumber artikel : Pengertian dan Perbedaan Puisi Lama dan Puisi Baru

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Blog ini. Tinggalkan kritik, saran, dan pertanyaan pada kolom komentar.